Bahaya dan Keharaman Merokok

8 02 2009

new1a


Oleh: Asy Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu

Pada zaman Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memang rokok itu belum ada, namun sesungguhnya Islam datang dengan pokok yang umum, mengharamkan segala sesuatu yang membahayakan tubuh, mengganggu orang di dekatnya, atau menyia-nyiakan harta. Inilah dalil-dalil yang menunjukkan hukum rokok.

1. Allah ta’ala berfirman,

وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبَاتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبَائِثَ

Dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk (Al-A’raf: 157).

Dan rokok merupakan perkara buruk yang memudharatkan dan baunya pun busuk.

2. Allah ta’ala berfirman,

وَلا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ

Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan. (Al-Baqarah: 195).

Rokok akan menyebabkan penyakit yang mematikan seperti TBC, kanker dan lain-lain.

3. Allah ta’ala berfirman,

وَلا تَقْتُلُوا أَنْفُسَكُمْ

“Janganlah kalian membunuh jiwa-jiwa kalian.” (An-Nisa: 29).

Rokok itu membunuh secara perlahan-lahan..!!

4. Allah berfirman tentang mudharatnya khamr,

وَإِثْمُهُمَا أَكْبَرُ مِنْ نَفْعِهِمَا

“Tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya.” (Al-Baqarah: 219).

Bahaya rokok itu lebih besar dari manfaatnya, bahkan rokok itu seluruhnya membahayakan (tidak ada manfaatnya sama sekali –pent.).

5. Allah ta’ala berfirman,

إِنَّ الْمُبَذِّرِينَ كَانُوا إِخْوَانَ الشَّيَاطِينِ

“Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan.” (Al-Isra’: 27).

Rokok itu bentuk pemborosan dan berlebih-lebihan, termasuk perbuatannya syaithan.

6. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

لاَ ضَرَرَ وَلاَ ضِرَارَ

“Tidaklah membahayakan dan tidaklah dibahayakan” (Shahih, riwayat Ahmad).

Rokok itu membahayakan orang yang menghisapnya, dan mengganggu orang yang di dekatnya serta menyia-nyiakan hartanya.

7. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

وَكَرِهَ (اللهُ) لَكُمْ إِضَاعَةَ الْمَالِ

“Allah membenci penyia-nyiaan harta bagi kalian” (Muttafaqun ‘alaihi).

Dan rokok merupakan penyia-nyiaan harta. Penghisapnya dibenci oleh Allah ta’ala. (*)

(Dinukil untuk Blog www.ulamasunnah.wordpress.com dari buku “Bagaimana Mendidik Putra Putri Anda” karya Asy Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu, penerbit Al Ilmu Jogjakarta).

Sumber:

http://ulamasunnah.wordpress.com/

Bahaya Merokok

Setiap batang rokok yang dinyalakan akan mengeluarkan lebih 4 000 bahan kimia beracun yang membahayakan dan akan membawa maut. Dan setiap hisapan itu menyerupai satu hisapan maut. Di antara kandungan asap rokok termasuklah bahan radioaktif (polonium-201), bahan yang digunakan di dalam cat (acetone), pencuci lantai (ammonia), ubat gegat (naphthalene), racun serangga (DDT), racun anai-anai (arsenic), gas beracun (hydrogen cyanide) yang digunakan di “kamar gas maut” , dan banyak lagi. Bagaimanapun, racun paling penting adalah Tar, Nikotin dan Karbon Monoksida (CO).

TAR

Tar mengandungi sekurang-kurangnya 43 bahan kimia yang diketahui menjadi penyebab kanser (karsinogen). Bahan seperti benzopyrene iaitu sejenis policyclic aromatic hydrocarbon (PAH) telah lama disahkan sebagai agen yang memicukan proses kejadian kanker.

NIKOTIN

Salah satu jenis obat perangsang yang dapat merusak jantung dan sirkulasi darah,  Nikotin, seperti najis  heroin, amfetamin dan kokain, bertindak merusak di dalam otak dan mempunyai kesan kepada sistem mesolimbik yang menjadi nikotin membuat pemakainya kecanduan. Sindrom ketagihan terhadap nikotin yang ditunjukkan dengan gejala gian, tolerans dan tarikan, adalah mungkin lebih hebat berbanding  narkotika. Malah daripada kajian saintifiknya nikotin itu juga sejenis  narkotika, sebagaimana yang telah diiktiraf oleh dunia farmasi. Seseorang yang kehabisan rokok kadangkala berkelakuan seperti orang yang mengalami gangguan akal dan dalam keadaan yang amat tertekan sekali. Oleh itu terlalu sukar untuk seseorang yang telah terjerat dengan ketagihan merokok, meninggalkan tabiat itu, kecuali dengan ikhtiar yang serius dan kehendak Allah jua.

Nikotin turut menjadi pemicu utama risiko serangan penyakit jantung dan strok. Hampir satu perempat penderita penyakit jantung adalah hasil  dari tabiat (kebiasaan)  merokok.

  • KARBON MONOKSIDA (CO)

Karbon monoksida, rumus kimia CO, adalah gas yang tak berwarna, tak berbau, dan tak berasa. Ia terdiri dari satu atom karbon yang secara kovalen berikatan dengan satu atom oksigen. Dalam ikatan ini, terdapat dua ikatan kovalen dan satu ikatan kovalen koordinasi antara atom karbon dan oksigen. (http://id.wikipedia.org/)

Gas beracun yang dapat mengakibatkan berkurangnya kemampuan darah membawa oksigen. Karbon Monoksida adalah gas beracun yang biasanya dikeluarkan oleh asap kenalpot  kenderaan. Gas ini  menjadi berbahaya  dan bisa menyebabkan maut sekiranya  karbon monoksida masuk di dalam badan melebihi 60%. (http://www.sepaku.net/)

Karbon monoksida dapat merusak otak, namun penelitian terbaru menyimpulkan bahwa keracunan gas yang tidak berbau dan berwarna ini juga dapat menyebabkan efek yang serius terhadap jantung .

Laporan yang dipublikasikan di Journal of the American Medical Association edisi 25 Januari menyatakan bahwa pasien yang dirawat di rumah sakit akibat keracunan karbon monoksida secara signifikan memiliki risiko kematian yang meningkat dalam jangka waktu tujuh tahun sesudahnya, terutama akibat kondisi jantungnya.

“Semua penelitian berfokus pada komplikasi saraf untuk melihat dampak akibat keracunan monoksida,” kata Dr. Timothy D. Henry, direktur riset di Minneapolis Heart Institute Foundation. “Kami menemukan sebanyak 40 persen pasien mengalami kerusakan kardiovaskular.” (http://www.majalah-farmacia.com/)

kandungan rokok

Selama beberapa tahun terakhir, para ilmuwan telah membuktikan bahwa zat-zat kimia yang dikandung asap rokok dapat mempengaruhi orang-orang tidak merokok di sekitarnya.

Perokok pasif dapat meningkatkan risiko penyakit kanker paru-paru dan jantung koroner. Lebih dari itu menghisap asap rokok orang lain dapat memperburuk kondisi pengidap penyakit :

  • ANGINA

Nyeri dada akibat penyempitan pembuluh darah pada jantung.

  • ASMA

Mengalami kesulitan bernafas.

  • ALERGI

Iritasi akibat asap rokok.

Gejala-gejala gangguan kesehatan :
iritasi mata, sakit kepala, pusing, sakit tenggorokan, batuk dan sesak nafas.

Wanita hamil yang merokok atau menjadi perokok pasif, meyalurkan zat-zat beracun dari asap rokok kepada janin yang dikandungnya melalui peredaran darah. Nikotin rokok menyebabkan denyut jantung janin bertambah cepat, karbon monoksida menyebabkan berkurangya oksigen yang diterima janin.

Anak-anak yang orangtuanya merokok menghadapi kemungkinan lebih besar untuk menderita sakit dada, infeksi telinga, hidung dan tenggorokan. Dan mereka punya kemungkinan dua kali lipat untuk dirawat di rumah sakit pada tahun pertama kehidupan mereka.

Banyak orang tahu bahaya merokok, tapi tidak banyak yang peduli.

Melihat bahaya-bahaya yang dapat ditimbulkan rokok, kiranya diantara kita perlu bahu-membahu berbuat hal utama:

(http://novaku.wordpress.com/)

**) Menegur orang yang merokok, ditempat-tempat umum seperti kendaraan umum, pasar, sekolah, rumahsakit, gedung perkantoran dll.

abu salafy 01


Aksi

Information

4 responses

9 02 2009
orang-ireng

knapa bikin fatwa yang “tanggung”
kok hanya orang dewasa yang diperbolehkan ? jangan begitu dong, mo tegakkan peraturan jangan tebang pilih.
boleh- ngak, haram – ngak yang jelas gitoooooooo loh

abu salafy 01->>

Wah antum itu gimana sich, bacanya??

**) Menegur orang yang merokok, ditempat-tempat umum seperti kendaraan umum, pasar, sekolah, rumahsakit, gedung perkantoran dll.
Saya kan mengajak manusia untuk menegur perokok secara umum, dan saya kan ndak menulis ‘fatwa ini berlaku khusus untuk anak-anak dan remaja’, coba mas baca 1X lagi

21 11 2009
Juraemi

Salam…

Terima kasih nasihatnya

11 01 2010
19 02 2010
fy

anna izin copy paste :)
syukron :)

Abu Salafy 01>>
Silahkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: